-->

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Ciri Khas Ayam Aduan F1 dan Metode Perawatan supaya Menjadi Juara

Mencermati Ciri Khas Ayam Aduan F1 dan Metode Perawatan supaya Menjadi Juara

Perbedaan antara ayam bangkok yang masih orisinil atau tak jarang disebut dengan istilah F1 kepada ayam bangkok lokal(f1, f2, f3,…), kerap kali menjadi pro kontra. Pasalnya banyak orang dikalangan penggemar ayam bangkok mempunyai anggapan yang berbagai macam, diantaranya:

Hoby’s: Apabila ayam bangkok autentik atau f1 dapat menjadi alternatif dengan berjenis-jenis keunggulan, kenapa ayam lokal atau yang keturunan tak dapat…? Namanya ayam juga makan makanan yang tak jauh berbeda!

Akan tapi dalam kenyataan hingga ketika ini ayam bangkok yang masih mempunyai darah keabsahan(f1) yang konsisten unggul dan senantiasa menjadi kampiun di medan perlombaan. Malahan dari variasi ayam kampiun lainya, umpamanya: burma, saigon, serta ragam-macam lainya, ayam bangkok yang paling dominan dalam medan perlombaan dan konsisten sebagai pemenang.

Pun hingga ketika aku tulis tulisan inipun aku sendiri masih belum yakin 100% perihal kenapa ayam bangkok f1 yang wajib mempunyai beragam kelebihan.Timbulnya banyak pro kontra ini menyebabkan sebagian penghoby menjalankan uji coba dan study, diantaranya dengan menjalankan kawin silang antar ayam pemenang, ayam bangkok f1 dengan f2,f3,… Pun ada yang mengerjakan kawin ssilang antara ayam bangkok f1 dengan enthok(unggas variasi bebek).

Menurut ribuan malahan mungkin jutaan pengalaman di kalangan penghoby ayam bangkok sebagai ayam pertandingan atau ayam kampiun. Ayam bangkok f1 konsisten menempati urutan NO 1 sebagai ayam kampiun.Dan menurut pengalamman-pengalaman hal yang demikian, pemilihan atau seleksi indukan yaitu menjadi hal paling penting bagi para penghoby ayam juara khususnya bagi penghoby yang mewujudkan ayam juara ini sebagai budidaya(ternak).

Berikut yaitu ciri khas Ciri Khas Ayam Aduan F1 dan Metode Perawatan supaya Menjadi Juara dengan ayam bangkok lokal(f2, f3, …)

Jawara dan Sistem(F1)

  1. Ciri yang terang ayam bangkok F1 diimpor dari Thailand. Karena inilah yang menjadi dasar utama mahalnya ayam bangkok F1. Sebab didapat dengan mengimpor dari Thailand, dimana kita tahu untuk mengimpor seekor ayam memerlukan tarif yang tak sedikit. Sebab untuk mengimport seekor ayam wajib lewat atau memakai perijinan, tanpa perijinan ayam bangkok tak bisa diimpor.
  2. Warna Pangkal Bulu. Pada ayam bangkok F1 mempunyai yang namanya khemine, adalah warna kekuningan pada pangkal bulu. Menurut hasil obrolan dengan penduduk autentik Thailand yang yakni seorang ahli unggas secara khusus ayam juara. Khemine merupakan salah satu perlindungan ayam bangkok F1 dari penyakit yang muncul dari akibat iklim dan sebagai anti kutu. Oleh sebab itu ayam bangkok F1 jarang sekali datang di Indonesia dalam situasi sakit atau kutuan.
  3. Struktur Tulang. Ayam bangkok F1 mempunyai struktur tulang yang kuat, kokoh, jari-jari kaki panjang dan meruncing komponen depan jari, komponen punggung menyusun huruv “V”, tulang leher padat, tulang dada padat dan kekar.
  4. Gaya Tarung di medan Perawakan. Ayam bangkok F1 cenderung mengunci lawan, kontrol, untuk kemudian mendapatkan celah menyerang. Ini menjadi ciri tarung ayam bangkok kebanyakan.
  5. Format Proporsional dan berimbang dengan Struktur kokoh. Ayam Bangkok F1 mempunyai ciri khas khusus dari wujud badan, ukuran dan format tulang, posisi badan, format cakar, format kaki, leher, dan bulunya.
  6. Pukulan Mematikan. Jawara Badan Ayam Bangkok F1 mempunyai wujud badan yang bulat dan agak panjang. Tekstur daging keras tetapi lentur dan ulet seperti badan binaragawan.
  7. Mental Kampiun. Sekiranya di perhatikan dari mentalnya kepada lawan, dan ini bukan cuma di medan perlombaan. Di luar medan lagapun ayam bangkok F1 mempunyai mental tempur yang luar umum. Seakan tak ingin mengamati sesama ayam pintar, pada dikala memandang dan dekat ayam pandai lainya karenanya ia mesti bertempur. Inilah ayam bangkok F1…. Dimedan lomba ayam bangkok F1 ini pantang menyerah dan tak berkeinginan keok atau mundur sedangkan sebetulnya telah keok.

Metode Perawatan Pertandingan Postur

Pada ketika ayam akan turun sangkar untuk di lombakan pada medan pertandingan, amati kiat-kiat perawatan yang sering kali sampeyan dengar dari rekan lain. Dan berikut ini aku tambahkan berdasar pengalaman aku, buat aku tak ada yang patut di rahasiakan.

Berdasarkan ukuran ayam lewat berat badan.

  1. Berikanlah perawatan extra semenjak seminggu sebelum ayam di lombakan atau turun sangkar. Perawatan extra hal yang demikian dapat diberi dengan pemberian asupan vitamin yang bermanfaat untuk membangun stamina pada dikala beradu.
  2. Menurut pengalaman aku pribadi, seminggu sebelumnya aku berikan ramuan-ramuan berikut: Jawara bebek, madu, daun jeruk nipis, celeron, aduk rata berikan pagi dan petang(Karantina ayam).

Dopping Ayam Pemenang.

Berikan minyak ikan dan penambah darah tiga hari sebelumnya. Minyak ikan omega3 bisa dibeli diapotik, lebih baik lagi bila sampeyan beli yang baik(sebotol kaprah-kaprah 300rb), penambah darah ada banyak, dapat sangobiyon, atau neurobion, silahkan pilih. Untuk minyak ikan dapat sampeyan berikan di hari-hari lazim dengan peraturan 3hari X 1kli X 1kapsul. Sedang untuk penambah darah berikan dikala 3hari sebelum turun sangkar saja. mesti diingat bahwa selama satu pekan ayam sepatutnya di kurung atau di karantina.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments